Kamis, 23 April 2009

(tulisan) pengantar pagi

janganlah makan dari apa yang diharamkan dan janganlah mengharamkan dari apa yang sudah dihalalkan. dan, pilihlah hanya yang halal lagi baik buatmu. halalan thoyyiban.

sesungguhnya obat dari segala macam penyakit adalah "puasa". hanya dengan puasa racun-racun yang terserap dalam tubuh terbuang degnan sistematika luar biasa canggih. disamping harus dikaji secara ilmu kesehatan, juga harus diimani dengan penuh kepahaman. tahajud dimalam hari dan puasa disiang hari akan menjadikan bukan saja tubuh sehat. lebih dari itu jiwaku pun kuat.

rasulullah bilang, "tidak ada yang lebih baik dari puasanya daud. sehari makan sehari berbuka." dan ketika ustadz yusuf mansur ditanya mengenai tahajud, "sebagaimana puasa, kerjakanlah secara selang seling". maksudnya, bukan semalam tahajud lantas semalem tidak. sore-sore (habis isya') tidur sekira dua jam. trus, bangun untuk sholat. tidur lagi. sholat lagi. tidur lagi. sholat lagi. sampai menjelang subuh. tutup dengan witir. istirahat sejenak, baru dilanjut qobliyah dua rokaat untuk menyongsong sholat subuh.

wallahu a'lam bis showab. ukurlah kekuatan dan bangunlah ketulusan. latih sejak sekarang juga ketika anda menjumpai seorang rekan yang coba mengingatkan. aku baru saja mencoba untuk menghafal surat alwaqi'ah. walau diketawain dan diledekin habis-habisan sama anakku 'nimas' yagn baru 11 tahun november nanti -sekarang kelas lima bentar lagi kenaikan kelas enam- katanya, "ih, ayah! udah bapak-bapak baru ngapalin surat gituan. albaqoroh atuh, ali imron, yang panjang-panajng gitu. mana lelet banget lagi. masak udah dua minggu baru tujuh ayat gak nambah-nambah."

subhanallah. dia bidadari kecil yang diutus untuk mengingatkanku. malu rasanya disindir begitu. walau ucapan itu murni polos ucapan seorang anak kecil. tapi, memang susah bener, aku mau ngapalin ayat-ayat alqur'an.

lantas, aku coba berkelit, "ayah kan gak cuma mikirin hapalan doang. mesti nyari bangun pagi, kerja, nguber gaji. udah gitu mesti bantuin ibu juga setrika, nyuci. belum lagi nglayanin adikmu tuch si botak. kalau udah ngajak main perang-perangan gak bisa ditolak lagi. ya gak pa pa, ayah lelet dalam menghafal" kataku. "itu belum seberapa, masih harus mikirin cicilan rumah, cicilan koprasi, bayaran telpon, bayaran listrik" kilahku.

"makanya, mbak nimas mesti sebanyak mungkin tuch ngapalin sedari sekarang. nanti kalau udah smp apalagi sma, udah semakin banyak pelajaran mesti diresapi. percaya deh sama ayah, penyesalan tidak datang sekarang. tapi,nanti setelah gedhe. semakin banyak hapalan alquran mbak nimas, semakin mudah menyerap pelajaran. coba,kemarin masih ranking tiga melulu kan. sekarang udah ranking satu, karena hapalan udah nambah. tambahin terus tuch" kataku lagi memberi semangat.

kalau udah perbincangan gitu, persis antara guru sama murid dah. cuma bedanya, kalau murid beneran gak berani ngebantah. lah ini, bukan cuma itu (ngebantah), kadang kalau kesel malah lempar remote segala. tuch remot dirumah aja udah habis dua. kalau gak dilempar, ya keinjek. abis, gurunya juga kadang kelewatan juga kalau ngajarin. suka belak-belok gitu. klo cuman belok doang sih sekali ya, ini pakai (awalan) belak segala. nyasar kemana-mana.

sekedar biar lebih kuat lagi ingatanku dan tambah meresap. boleh juga aku tuliskan disini apa yang baru saja aku hapalin. dan, diledekin melulu tuch sama si (oneng) nimas.

idza waqo atil wa qi ah - apa bila terjadi hari kiamat
laisa liwaq atiha kadzibah - terjadinya tidak dapat disustakan (disangkal)
khofidhoturrofi'ah - merendahkan (satu golongan), meninggikan (golongan yang lain)
idza rujjatil ardhu rojja - apa bila bumi diguncangkan seguncang-guncangnya
wa bussatil jibalu bassa - dan gunung-gunung dihancurluluhkan sehancur-hancurnya
faka nat habaa-an mubiina - maka itu menjadi debu yang bertebaran
wainkuntum azwaajan tsalatsah - dan kamu sekalian menjadi tiga golongan.

yang aku bold merah tuch. pelajaran bener. sekarang aja kebayang kalau pas lagi ngliat copet ketangkep tuch. bener-bener dihina sehina-hinanya. serendah-rendahkan. dikatain babi lah, anjing lah, bajingan lah. pokoknya ga da ucapan pantas sama sekali dah. itu baru copet kelas kambing. yang menghinakan juga cuma mulut-mulut manusia yang tidak menjamin lebih suci ketimbang si copet itu tadi.

belum lagi kalau ada koruptor ketangkep.
belum lagi kalau pelacur kena razia.
itu belum seberapa terhina.

bagaimana jika allah tuhan sang pencipta yang menghinakan???

astaghfirullahal adzim.... naudzubilah min dhzalik. dan, kejadian itu tidak dapat disankal. tidak dapat dipungkiri. alias pasti terjadi. kejadian itulah yang "merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain).

hmmm..... kira-kira gue ada di golongan mana ya? atau, anda mungkin?

yuk! benahi mulai dari sekarang. ingat, pesan ini buat gue pribadi loh ya. tapi, kalau ada temen yang kena (merasa) terajak juga. alhamdulillah. kebaikan temen-temen bisa nyiprat ke gue gitu he..he..he... insya allah dah, pahala system mlm tidak ada matinya.

jadi, ketimbang mikirin makanan yang serba musingin kayak gini (lihat gambar) malah jadi takut. udah aja percaya. systematika tubuh udah sedemikian huebat dan canggih. allah maha tahu. penyakit apa aja maha tahu. bahkan yang belum terdeteksi sama dokter, allah maha tahu. hanya dengan berpasrah diri dan ibadah dengan benar, segala kemungkinan penyakit justru menjadi hikmah.

bukan lantas ceroboh makan sembarang loh ya. kalau makan sardines ya, ikannya aja dimakan. jangan kaleng juga ditelan. bahaya itu. emang kuda lumping. atau juga, udah tahu alergi masih dicaplok juga. bunuh diri itu mah. udah tahu darah tinggi suka kumat, eh, malah lihat daging kambing koq ngiler.

hanya saja, untuk tubuh sehat, makan apapun tak ada larangan sih. tak ngaruh. tak efek. itu baru tubuh sehat tuch. bagaimana dengan jiwa sehat? wah.. udah dah. tulisan ini mesti diakhiri. kalau tidak bisa nyampe kemana-mana.

sip... semoga ada hikmat terpetik dari tarian jariku pagi ini. tuch kan. masih nulis lagi. udah stop. ya udah. ini juga mau udahan. analisa downtime belum dibikin mesti segera diselesaiin.

ya iya. ini juga udahan koq. lah. bagaimana sih. katanya udahan masih nulis juga. he...he..he...

iya...iya... stop dah. stop!!!!

(sayang banget, gambar tidak dapat gue pasang disini. guenya yang gak bisa, maksudnya)

2 komentar:

  1. Hehehe.. manfaatkan waktu saat lapang, sebelum sempit.. ^_^

    BalasHapus
  2. yup! setuju. sedelapan dah, lebihin satu.

    th's udah mengukir jejak

    BalasHapus