Kamis, 28 Mei 2009

pelipur lara

lucu juga. aku tuch biasa bikin tulisan ringan di milist bayangan di kantor. eh, ada yang ketularan nulis. maksudnya millist bayangan, hanya aku sendiri yang tahu keberadaan siapa dan berapa banyak anggotanya. karena aku kirim dalam alamat secara silent. tersembunyi. hanya dual komunikasi aja. gak multi gitu.

trus, terakhir ini ada seorang temen yang nulis do'anya dan dikirim ke aku. tergugah juga sih, tersentuh gitu sama do'anya. lugu dan apa adanya. polos gitu. gini doanya:

Doa pengharapan dan taubat seorang Ayah

Ya Alloh ampunilah dosa ku dosa semenjak mulai dari aqil baligh hingga usiaku sekarang ini
Ya Alloh ampuni dosaku dosa yang kecil dan dosa yang besar dosa yang kusengaja maupun dosa yang tak kusengaja , dosa yang kusembunyikan maupun dosa yang terang terangan

Ya Alloh aku tidak sanggup menghitung jumlah dosa dan kesalahan yang pernah aku perbuat, padahal semua
yang aku perbuat sudah terekam didalam catatan malaikat Rokib dan Atit

Ya Alloh aku berbuat dosa diatas bumiMu, dan mecari makan diatas bumiMu dan buang hajat juga diatas
bumiMu, tapi kadang aku sering menunda panggilan dan undanganMu untuk bersujud dan bersimpuh kehadiratMu.

Untuk itu ampunilah dosa ku Ya Alloh , aku takut ketika aku masuk didalam kubur tentu bumiMu tidak mau menerima kehadiranku lantaran banyak dosa yang telah aku berbuat, aku takut dihimpit bumi dan hangus terbakar dialam kubur.Untuk itu ampunilah aku karena Engkau maha pengampun,luaskanlah kuburku seluas mata memandang jadikan lah kuburku taman sebagaian dari taman syurgaMu sehingga ketika menunggu pengadilanMu di padang mahsar nati tidak begitu lama laksana pengantin baru , dan jangan Engkau jadikan kuburku seperti kubangan yang penuh dengan percikan api sebagian dari api nerakaMu.


Ya Alloh Ya Arhamarrohimin
,kasih sayangilah aku ketika nanti dipadang mahsar yang tidak naungan satupun
kecuali naunganMu,dengan beban dosa yang berat aku pikul tentu aku menjadi manusia yang hina dan sengsara dihari matahari dedikatkan dengan permukaan bumi yang berkilau warna putih, ampunilah aku Ya Alloh.

Ya Alloh ya Tuhanku Engkau maha pemberi, telah banyak nikmat dan karunia yang telah engkau limpahkan
kepadaku dan kepadan keluargaku, alhamdulillah Ya Alloh aku masih punya Iman mudah mudahan atas pertolangan dan kasih sayangMu imanku dapat tumbuh dan berkembang laksana bebijian yang tumbuh di musim hujan yang natinya mebuahkan amal sholeh bukan amal salah dan sesat yang Engkau murkai ya Alloh.

Alhamdulillah , alhamdulilah , alhamdulillah ya Alloh Engkau telah memberi kesehatan kepadaku dari ujung kaki sampai keujung rambut masih dapat berfungsi dengan baik dan panca indra yang ada dapat mendatangkan ketakjuban, keindahan , kenyamanan , kemudahan akan karunia dan ciptaanMu. Untuk itu Ya Alloh berilah aku kekuatan untuk menjadi orang yang senantisa bersyukur dan jangan engkau jadikan aku dari golongan orang yang lupa diri dan kufur akan ni'mat dan karuniaMU.

Ya Alloh Ya Robbi,dalam waktu dekat ini aku aku ingin sekali membelikan Hp buat istriku sebagai sarana
dan jalinan komunikasi agar tetap terjaga ketika aku tidak dirumah, Ya Alloh aku juga ingin membelikan motor istriku agar bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhanya , untuk belanja antar anak sekolah dan mengahdiri majlis ilmu yang Engkau ridloi. Ya Alloh aku juga ingin sekali membelikan seperangkat komputer
bagi anak anakku agar mereka terampil dan tidak gaptek di dunia yang iya hadapi sekarang ini.

Ya Alloh Ya Robbi, sepertinya tidak mungkin dengan kondisi gajiku sekarang ini aku bisa memenuhi keinginan tersebut kecuali bila Engkau bukakan pintu rizqi dari arah yang tidak aku ketahui, Ya Alloh seandainya permohonanku ini tidak Engkau penuhi lantaran banyaknya dosa dan salah yang aku berbuat maka ampunilah aku dan rahmatilah aku Ya Alloh.

Ya Ya Robbi Ya Tuhanku,bimbinglah anak dan istri ku di jalanMu jalan yang Engkau ridloi, bukalah pintu hidayahnya, pintu hatinya , pintu rizkinya,dan lembutkanlah hatinya,berikanlah kepada mereka akhlaq yang baik seperti akhlaq kekasihmu Nabi Muhammad SAW

Ya Alloh , berikanlah aku kekuatan dan bimbingan untuk menjadi panutan bagi anak anank dan istriku,
Ya Alloh berikanlah kesempatan kepadaku bersama istriku untuk bisa memenuhi undanganMu ditempat yang
mulia dibumi yang tidak bisa di injak oleh dajjal untuk pergi haji mensucikan dosa dan aib diri dan membasahi wajah ini dengan airmata penyesalan dan taubat.

Ya Alloh jadikanlah anak kami anak yang sholeh dan sholihah, anak yang bisa menjadikan qurrota 'ayun penyejuk hati penentram jiwa

Ya Alloh Ya Robbi hindarkanlah keluraga kami dari siksa api neraka, dan kumpulkanlah keluarga kami dengan
leluhur kami dan orang orang sholeh dan dengan anak keturunan kami ditempat yang Engkau ridloi, amin amin ya Robbal ' Alamain

trus, ini komentarku :

amin amin amin ya robbal alamin. menyentuh ya do'anya. hanya dapat dilakukan oleh orang yang bener-bener telah dikaruniai kepahaman akan perjalanan hidup kemudian setelah alam dunia ini berakhir.

tadi pagi, sempat juga aku kebagian session 'nikmatnya sedekah' di tpi. walaupun tinggal separuh penayangan, acara yang dimulai pukul setengah lima dan berakhir setengah enam itu, sempat juga aku catat beberapa point penting.

temanya, kebetulan, tercatat di buku tulisku, "sedekah sebagai pelipur lara". dan, memang benar kalau diresapi mah. dual pelipur lara malah. object dan subject. penerima maupun pemberi.

jikalau kamu sakit, santunilah orang yang sakit. cari dan ketemukan, fakir miskin di pinggiran kali yang rutin kena gusuran saben trantib operasi. atas dasar peremajaan kota, katanya.

bangun dari pembaringan, minta tolong saudara untuk mapah. kalau memang tidak dapat berjalan sendiri. berangkat dah ke tempat si sakit. saat disana engkau jumpai sesosok tubuh kurus, hitam, urat bertonjolan sebagai saksi kerasnya perjuangan mencari sesuap nasi. sementara didinding bilik tak jua kau dapati poster kaligrafi maupun sajdah. ia berbaring sendirian, tiada sanak tiada kadang. hanya teko sebuah dan gelas berisi air putih disisi tempat tidur reyot.

seketika itu, hatimu berucap, "ya allah, engkau maha besar. ternyata sakitku tidak ada apa-apanya dibanding orang ini! engkau masih karuniakan saudara yang dapat memapahku. engkau masih karuniai aku pekerjaan, dimana tempat bekerjaku menjamin pengobatan pekerja yang sakit"

begitu kau jenguk orang itu dibiliknya. lantas, kau berikan santunan pengobatan. bahkan engkau pastikan ia diobati sampai sembuh seperti sedia kala. betapa bahagia orang itu. boleh jadi, hidayah allah datang padanya sehingga beberpa pekan mendatang, dinding bilik itu telah ada sebuah cantolan kawat kecil tempat menggantungkan sajdah. pelipur lara. ia tentu bahagia. tersentuh. itulah object. si penerima sedekah.

sementara, rasa syukurmu spontan berucap. hatimu terenyuh. sadar. ternyata apa yang kau alami tidak seberapa dibanding karunia allah.

pesan dari cerita diatas ialah, kalaupun sakit, kalaupun sedang resah, kalaupun iman sedang surut. atau juga punya kesedihan lantaran keterbatasan materi. atau juga keterbatasan phisik. bangkit. segera berangkat. cari orang yang lebih susah. allah ada disana. dan, hanya dengan mengingat allah saja, hati menjadi tenang. bukankah ketenangan sejati yang engkau harapkan?

itu, sekelumit kisat di acara 'nikmat sedekah'-nya tpi tadi pagi (26/05). jangan lupa, esok, rabu (27/05) juga ada. jangan lupa berucap sambil tengadah tangan, "ya allah, aku rela engkau tuhanku. aku rela muhammad nabiku. aku rela islam agamaku. ya rabb, berikan aku tambahan ilmu (dan pemahaman) dari apa yang akan aku lihat melalui media tipi sebentar lagi. berikan aku limpahan berkah dari rejeki yang engkau beri. amin." ditambah lagi, sebuah buku tulis dan pulpen untuk mencatat garis besar pokok isi yang disampaikan.

ketika ada seorang penelpon bertanya, namun kurang begitu jelas suaranya. hanya saja suara tangisan terdengan terisak. ustadz yusuf mansur berujar, "demi allah, aku tidak mendengar suara si penelepon ini. mungkin saja pemirsa dirumah malah jelas". disambut sama ustadz albar selaku host, "mungkin, ia sedang dalam kedukaan sangat mendalam ustadz. yang terdengar hanya tangisan".

lalu dijawab lagi sama ustadz yusuf, "oke deh. apapun kesedihan. seberat apapun masalah. minta petunjuk hanya pada allah. lakukan setiap hari, ucapkan laa hawla wa laa quwwata illa billah sebanyak 300x. insya allah, mohon bener-bener sama allah. allah angkat kesusahannya. allah akan tambah rejekinya. insya allah ya."

dilanjutkan lagi, "kalau mau ngrubah nasib. lakukan puasa daud", kata ustadz muda itu. hanya saja, banyak dijumpai juga, puasa sunnah udah getol, hanya saja saat buka koq kayak menggeser jam makan doang. artinya gini, begitu bedug magrib buka, langsung tancep. apa aja diembat. apa aja dicaplok. "buka, cukup 2 butir kurma. sekarang nyari kurma dimana-mana ada. tak perlu ke arab. tambahin dengna teh manis seteguk dua teguk. cukup. udah gitu, makan nasinya nunggu jam sepuluh malam. biar paginya sarapan gak terlalu banyak. biaya yang buat makan selama puasa. sedekahin dah. sambil minta didoain sama yang disedekahin itu"

diakhir session, disempatkan pula menjawab sms pemirsa dirumah. "ustadz, ilmu apa yang jika di inject ke orang lain bisa berubah?". "ya, ilmu sedekah" jawab ustadz yusuf mansur.

yusuf mansur sendiri, ketika masih tinggal di bintaro dan dalam keterpurukan luar biasa. ia bilang pernah nyaris bunuh diri. bukan nyaris lagi. emang udah bener-bener melakukan bunuh diri. hanya saja gagal melulu. saat itu sudah frustrasi. "pusing kuadrat dah pokoknya, kepala iya. urusan juga iya", katanya. lantas iapun minum pil banyak banget, ternyat itu pil malah nyangkut ditenggorokan. kesedak. balik lagi. "aduh pil. ngapain juga pake nyangkut sih. kesedak kan jadinya. gagal dah bunuh diri", keluhnya.

istri gak tahu masalah ini. pernah juga lain kesempatan, sebelum kejadian nelen pil itu, ia bunuh diri pakai sarung. gantung diri. eh, ada aja halangannya. kain sarungnya kependekan. gak nyampai mau ngiket keatas.

itu sekelumit kejadian pribadi dari ustadz yusuf mansur. selama ini banyak yang melihat segi keberhasilannya aja. padahal liku-liku yang dilalui setiap orang pasti berat menurut versi masing-masing. setiap orang ada perjuangan sendiri-sendiri.

dengan adanya sedekah, yang miskin jadi kaya. kaya tambah barokah. yagn sakit bisa sembuh. yang sembuh terjaga kesehatannya. "yang udah beristri, nambah lagi", seloroh host - ustadz albar. disambut tawa para hadiri.

eh, pas gitu, ada lagi sms masuk "sedekah apa yang harus dilakukan buat istri yang suaminya minta izin mau nikah lagi?". jawabannya pun lewat jalan sedekah juga. hanya detilnya gimana, rada-rada lupa.

akhirnya, aku pun tergelitik untuk menuliskan doa dipenghujung tulisan ini, "ya allah, ajari aku untuk selalu konsisten dalam membaguskan ibadahku kepadamu. perkenankanlah aku dekat denganmu. dan, berkenanlah engkau aku dekati. ajari aku untuk selalu meneladani kekasihmu, manusia suci itu, muhammad nabi dan rasulmu. amin"

itu tadi, sedekah pengalaman dan sedekah "tontonan" yang baru pagi tadi aku saksikan. jangan lupa, esok pagi 'live' di tpi mulai jam setengah lima pagi. nonton acara 'nikmat sedekah', siapa takut? sambil pegang pulpen dan coret-coret di kertas, siapa takut?

1 komentar: